5+ Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga termasuk salah satu jenis pekerjaan mulia. Namun sayangnya jenis pekerjaan ini tidak menghasilkan pemasukan, karena menekankan pelayanan dan bakti terhadap keluarga. Ibu rumah tangga bisa membantu keuangan keluarga dan menghasilkan uang sendiri. Caranya dengan mencoba menjalankan ide bisnis untuk ibu rumah tangga berikut ini.

  1. Terima Jasa Menjahit

Sebelum membuka jasa menjahit, Anda tentu harus punya kemampuan khusus ini. Anda bisa ikut kursus menjahit jika belum bisa. Bahkan sekarang banyak lembaga pelatihan memberikan kursus menjahit dengan harga sangat murah hingga gratis, terutama untuk ibu rumah tangga. Bisnis ini termasuk yang tak akan lekang oleh waktu, apalagi semakin majunya industri fashion belakangan ini.

  1. Katering

Ide bisnis ini juga banyak dilakoni oleh para ibu rumah tangga. Namun, sebelum membuka bisnis ini, pastikan jika masakan Anda banyak disukai oleh orang-orang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa meminta penilaian kepada pihak keluarga, teman, hingga tetangga. Pastikan menu yang akan Anda tawarkan bisa dimasak dan memiliki rasa yang disukai banyak orang. Buat kemasan yang menarik.

  1. Bimbingan Belajar

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang akademis baik dan senang mengajar, membuka jasa bimbingan belajar di rumah bisa Anda pertimbangkan. Sasaran utamanya tentu berasal dari anak-anak sekolahan tetangga atau satu kompleks. Anda perlu menyiapkan ruangan cukup luas di rumah, beberapa kursi, meja, dan papan tulis.

  1. Admin Media Sosial

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga ini menjadi tren baru dan banyak diminati di era semakin berkembangnya promosi bisnis melalui media sosial. Anda cukup modal smartphone dan kuota internet. Anda juga dituntut untuk kreatif dan ramah terhadap pengikut akun. Kerjanya pun ringan, seperti mengunggah foto produk disertai caption yang menarik, menjawab komentar, dan lainnya.

  1. Laundry

Peluang selanjutnya yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah membuka jasa laundry. Bisnis ini amat menjanjikan karena banyak digunakan jasanya, terutama oleh orang-orang yang tak punya cukup waktu untuk mencuci maupun menyetrika pakaian. Namun usaha ini modal awalnya cukup besar. Anda harus memiliki mesin cuci, perlengkapan menyetrika, air bersih, dan listrik daya tinggi.

  1. Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Untuk membuka jasa penerjemahan bahasa asing, Anda tentunya harus memiliki kemampuan bahasa tersebut. Hal ini harus dibuktikan dengan adanya sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga bahasa asing terkait, sehingga klien akan percaya dengan kemampuan yang Anda miliki. Jasa ini bisa Anda kerjakan dengan sistem freelance. Anda hanya butuh laptop dan koneksi internet.

Itulah kiranya beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang mudah untuk dicoba. Meskipun pekerjaan utama Anda adalah ibu rumah tangga, tidak ada salahnya membantu perekonomian keluarga dengan mencoba peluang bisnis tersebut. Namun, melayani keluarga tetap harus menjadi prioritas utama Anda, jangan sampai dikalahkan oleh bisnis ini.