7+ Pilihan Karir Wanita di Bidang IT

Karir Bidang IT

Wanita berkarir pada masa kini bukanlah hal yang aneh. Bahkan untuk pekerjaan-pekerjaan yang dianggap identik dengan pria pun bisa dikerjakan pula oleh wanita. Semua berkat peran gerakan emansipasi, dimana wanita juga memperoleh kesempatan yang sama dalam pendidikan dan berkarir. Bahkan wanita kini banyak menyukai bidang IT. Berikut pilihan karir wanita di bidang IT yang banyak diminati.

  1. Database Administrator

Untuk menjadi seorang database administrator, Anda harus mampu mendesain, mengimplementasikan, memelihara dan memperbaiki suatu database. Sedangkan pekerjaannya berhubungan dengan analisis dan pengelolaan database. Juga melakukan konfigurasi hardware sekaligus software dengan sistem administrator yang digunakan kantor.

  1. IT support

Seorang IT support diharuskan mampu mengatasi masalah umum pada komputer. Tugasnya melakukan intalisasi software, memperbaiki hardware jika terjadi kerusakan, hingga membuat jaringan komputer untuk kepentingan satu lokal tertentu.

  1. Network Engineer

Seperti namanya, seorang network engineer mengurusi bidang teknis jaringan komputer, melakukan maintenance hingga mengurus troubleshooting. Seorang network engineer memiliki tugas membuat jaringan untuk sebuah perusahaan atau instansi, serta melakukan pengaturan dan proteksi pada email perusahaan serta melengkapinya dengan virus protection dan anti spam.

  1. Software Engineer

Karir wanita di bidang IT selanjutnya ada software engineer. Posisi ini mengharuskan penguasaan keahlian programmer, pengembangan software, hingga sistem analisis. Tugasnya adalah membuat software dari tahap awal spesifikasi hingga pemeliharaan sistem pasca penggunaan.

  1. System Analyst

Seorang system analyst harus ahli dalam menganalisis suatu sistem yang akan dijalankan secara masal. Ia harus membuat analisis terhadap sistem yang sedang berjalan dan yang akan dibuat serta mencakup kelebihan dan kekurangannya. Setelah itu melakukan uji kelayakan sistem untuk penggunaan secara masal.

  1. Web Designer

Seorang web designer dituntut kreatif membuat desain situs web yang atraktif dan menarik untuk situs serta design untuk kepentingan promosi situs visual. Bagi Anda yang tertarik, harus mampu mendesain dan memastikan tampilan gambar berfungsi saat berdampingan dengan bahasa pemograman.

  1. Quality Assurance

Seorang quality harus memastikan produk yang dibuat memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan. Tugasnya adalah menentukan kelayakan produksebelum dirilis. Meski demikian, seorang quality assurance harus paham konsep pengkodingan.

  1. IT Project Manager

Seorang project manager memiliki kedudukan tinggi dibanding lainnya. Ia harus melakukan koordinasi, implementasi, pelaksanaan, pengendalian dan penyelesaian proyek yang menjadi tanggung jawab tim. Juga harus konsisten dalam mengimplementasikan strategi, komitmen, dan tujuan perusahaan.

Itulah kiranya pilihan karir wanita di bidang IT yang bisa Anda coba. Meskipun seorang wanita, namun kiprahnya bisa diadu dengan kaum adam. Jadi jangan remehkan wanita yang berkarir dan berikan dukungan dengan tidak memandangnya sebelah mata hanya karena seorang perempuan. Karena wanita pun memiliki hak yang sama sebagaimana pria.