Solusi Mengatasi Kelemahan Fungsi VLOOKUP

Saat menyelesaikan pekerjaan dikantor, penggunaan Microsoft excel sering digunakan. Microsoft excel sendiri memiliki beberapa fitur dan fungsi, fungsi yang sering digunakan salah satunya adalah fungsi lookup. Fungsi lookup sendiri terbagi menjadi dua yaitu fungsi rumus VLOOKUP, dan fungsi rumus HLOOKUP.

Setiap fungsi rumus memiliki suatu keunggulan dan memiliki suatu kelemahan. Pada pembahasan hari ini akan dibahas tentang kelemahan rumus VLOOKUP excel. Sebelum dibahas secara mendalam, mari ingat kembali apa yang dimaksud dengan vlookup? Vlookup merupakan rumus untuk mencari dan mengambil suatu data dari kolom tertentu di dalam table. Fungsi VLOOKUP mendukung perkiraan dan pencocokan yang tepat, dan tanda (*?) sebagai kecocokan Sebagian.

Pertama kali melihat penulisan syntax pada rumus VLOOKUP, sebenarnya Anda sudah tau kelemahan dari rumus fungsi ini. Salah satu kelemahan rumus ini pertama kali ditemukan didalam table_array. Jika ada beberapa data yang sama pada table_array maka data selanjutnya tidak akan pernah bisa dimunculkan oleh fungsi rumus VLOOKUP excel.

Mari kita simak table dibawah ini, agar lebih memahami apa kelemahan fungsi vlookup.

Didalam table diatas, terdapat nama orang tua dan nama anak. Urutan anak sesuai dengan urutan pencatatannya.

Pertanyaan dari data table diatas, siapakah nama anak ke-2 Ahmad? Untuk menjawab pertanyaan tersebut fungsi VLOOKUP tidak akan bisa menjawabnya, karena hasil fungsi VLOOKUP akan selalu menghasilkan nama anak pertama.

Agar dapat menjawab pertanyaan diatas, maka diperlukan bantuan. Fungsi apakah yang dapat menyelesaikan pertanyaan diatas? Caranya adalah dengan membuat kolom bantuan dan fungsi COUNTIF. Dengan adanya kolom bantuan memungkinkan fungsi VLOOKUP untuk menampilkan data nama anak kedua, anak ketiga dan selanjutnya. Kolom bantuan yang berisi nama orang tua yang digabung dengan data berapa kali nama orang tua akan muncul.

Perhatikan table dibawah ini.

Pada table cell A4 berisi nama “Ahmad” dan angka 1, artinya bahwa nama “Ahmad” di cell B4 data yang baru pertama kali muncul. Pada cell A8 berisi nama “Ahmad” dan angka 2, menunjukkan bahwa nama “Ahmad” di cell B8 adalah nama “Ahmad” kedua yang muncul, setelah nama “Ahmad” di cell B4. Pada Cell A9 berisi nama “Ahmad” dan angka 3, artinya “Ahmad” di cell B9 adalah nama “Ahmad” ketiga yang muncul, setelah nama “Ahmad” di cell B4 dan B8.

Formula yang digunakan untuk membuat kolom bantuan adalah, =B2&”I”&COUNTIF ($B$2:B2,B2). Awal range menggunakan absolute reference dan akhir range menggunakan relative reference, dengan cara tersebut Anda bisa menghitung beberapa kali nama orang tua pada masing-masing nama.

Kemudian ketik formula tersebut di cell A2, selanjutnya copy paste di range A3:A10. Hasilnya seperti gambar kedua ditabel. Setelah pembuatan kolom bantuan dibuat, kita rangkai fungsi VLOOKUP.

Langkah pertama, letakkan kursor di cell F4. Ketik syntax untuk fungsi VLOOKUP. Pada lookup_value diisi dengan gabungan nama orangtua dan anak ke-berapa yang ingin dicari. Penulisan syntaxnya seperti berikut, = VLOOKUP(F1&”I”&F2.

Langkah kedua, pada table_array diisi dengan range A2:C10

Langkah ketiga, col_index_num diisi dengan angka 3

Langka keempat, range_lookup diisi dnengan nilai FALSE.

Hasilnya akan seperti berikut, =VLOOKUP(F1&”I”&F2,A2:C10,3,FALSE)

Selanjutnya tekan tombol ENTER, maka akan muncul hasil seperti gambar berikut.

Nama anak kedua dari “Ahmad” adalah “Khalid Ahmad”.

Setelah menyimak ulasan diatas, Anda pasti menambah wawasan tentang tips dan trik mengatasi kelemahan dari fungsi rumus VLOOKUP excel.