Makanan yang Boleh dan Tidak Dikonsumsi Penderita Demam Berdarah Dengue

Hingga sekarang, kasus DBD yang berada di Indonesia jumlahnya masih tinggi. Apalagi, obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit ini juga belum ada secara spesifik. DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Biasanya obat demam berdarah dengue yang diberikan seperti pereda nyeri, obat analgesil, asupan cairan serta istirahat yang cukup.

Mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat menjadi modal utama untuk menyembuhkan penyakit DBD ini. Namun, selain makanan-makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, ternyata ada makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena bisa memperlambat proses penyembuhan.

Menurut info penyakit, berikut makanan yang boleh serta tidak boleh dikonsumsi ketika terjangkit DBD.

Makanan yang Disarankan Dikonsumsi Saat Terjangkit DBD

Berikut beberapa makanan yang baik untuk pasien penderita DBD, antara lain:

  1. Jeruk. Jeruk kaya dengan kandungan vitamin C. Selain itu buah ini dianjurkan dikonsumsi penderita DBD. Vitamin C dalam buah jeruk akan membantu penyerapan zat besi pada tubuh, apalagi pasien demam berdarah dianjurkan untuk meningkatkan sistem imun agar penyembuhan semakin cepat.
  2. Jambu biji. Selain jeruk, jambu biji juga menjadi makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita DBD. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jambu biji bahkan jauh lebih ebsar dibandingkan dengan jeruk. Jambu biji juga kaya dengan senyawa quercetin yang dapat menekan mRNA virus.
  3. Pepaya. Buah pepaya akan membantu asupan asam folat yang diperlukan oleh tubuh sehingga bisa memproduksi trombosit did alam darah. Bukan hanya itu, di dalam pepaya juga terdapat nutrisi seperti mineral, vitamin A, protein, karbohidrat dan lainnya. selain buah, daun pepaya juga dapat membantu meningkatkan trombosit.
  4. Pisang. Pisang memiliki kandungan kalium sangat tinggi. Bukan hanya akan membantu jumlah trombosit dalam tubuh, namun konsumsi pisang juga akan menguatkan daya tahan tubuh.

Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Saat Terkena DBD

Selain makanan yang dianjurkan, ada pula beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi penderita DBD, antara lain:

  1. Makanan pedas. Meskipun terlihat enak, namun penderita DBD lebih baik menghindari konsumsi makanan bercitarasa pedas terlebih dahulu. Makanan pedas bisa memicu diare, sehingga akan memperburuk kondisi penderita.

Bukan hanya akan memicu diare, makanan dengan citarasa pedas bisa menyebabkan penderita menjadi sulit tidur dan kurang istirahat, karena makanan pedas akan meningkatkan suhu tubuh. Perut juga menjadi kurang nyaman.

  1. Makanan berminyak. Selain makanan dengan citarasa pedas, makanan yang memiliki kandungan banyak minyak juga lebih baik dihindari terlebih dulu untuk dikonsumsi, makanan berminyak ini bisa seperti goreng-gorengan.

Gorengan yang mengandung banyak lemak tidak disarankan untuk dikonsumsi karena lambat untuk dicerna serta membutuhkan enzim untuk memecahnya. Kondisi ini bisa membuat sistem pencernaan penderita bekerja semakin berat, dan akhirnya gejala malah menjadi semakin parah.

  1. Makanan berbumbu kompleks. Penderita DBD juga harus menjauhi makanan berbumbu kompleks agar tidak menyebabkan gangguan lambung. Hindari menjadikan penyakit ini sebagai tameng bisa mengkonsumsi makanan sembarangan, karena akan memperparah keadaan.

Untuk tekstur makanan, pendrita dapat mengkonsumsi makanan dengan tekstur lunak atau pun keras. Selain mengkonsumsi makanan yang direkomnedasikan dan menjauhi makanan yang dilarang, Anda juga harus melakukan istirahat cukup. Jika ternyta demam tidak kunjung membaik bahkan gejala menjadi semakin parah, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan penyakit demam berdarah dengue lebih lanjut.