2 Metode Pengiriman Barang ke India yang Harus Anda Ketahui

Kini, mengirim berbagai hal dari satu negara ke negara lain sudah bisa karena transportasinya yang sangat banyak. Ya, walaupun terpisah oleh lautan kini Anda tetap bisa melakukan pengiriman dari Indonesia ke India secara aman. Pengiriman barang ke India tak lepas dari jasa ekspedisi yang memang peduli dengan tingkat perekonomian antar negara.

Metode Pengiriman Barang ke India

Namun, apakah Anda tahu metode apa saja yang digunakan untuk mengirim barang ke India? Untuk pengiriman antar negara biasanya jasa ekspedisi menggunakan 2 jalur utama. Jalur laut dan jalur udara digunakan karena tak mungkin sekali jika harus mengirimkannya melalui jalur darat.

  • Melalui Jalur Laut

Metode pengiriman barang ke India yang pertama adalah melalui jalur laut. Artinya barang akan dikirim menggunakan kapal khusus yang bisa menyeberangi lautan luas antara Indonesia dan India. Ya, kapal tersebut bukanlah untuk penumpang melainkan membawa kontainer yang berisi barang-barang. Dan, ini dia kelebihan dan kekurangannya:

  1. Kelebihan

Jika Anda ingin menggunakan jalur laut sebagai metodenya, maka tak perlu membayar terlalu mahal. Ya, penggunaan kapal laut memang sangat terjangkau bagi Anda yang ingin menghemat biaya pengiriman.

Kapal laut memiliki space yang cukup luas untuk menampung kontainer-kontainer yang membawa barang. Oleh karena itu cocok sekali digunakan untuk melakukan pengiriman dalam jumlah yang cukup besar. Ini juga yang menyebabkan biaya pengiriman melalui jalur laut itu lebih murah.

  1. Kekurangan

Namun, setiap kelebihan tentunya ada kekurangannya. Kapal laut tidak bisa melaju dengan cepat. Jadi, jika Anda memilih menggunakan kapal laut sebagai transportasi pengiriman siap-siap untuk bersabar.

Kemungkinan, barang akan sampai sekitar 5 hingga 10 hari tergantung dengan berbagai faktor baik cuaca atau regulasi. Tapi tenang saja, barang pastinya tetap sampai ke tangan penerima di India sana.

  • Melalui Jalur Udara

Metode yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jalur udara. Ya, jalur udara merupakan salah satu yang juga banyak peminatnya. Untuk menggunakan jalur udara tentunya harus menggunakan alat transportasi berupa pesawat terbang. Nah, untuk kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

  1. Kelebihan

Kelebihan ketika Anda memilih metode pengiriman ke India dengan jalur udara maka barang akan dikirim akan lebih cepat sampainya. Bahkan perjalanan antara Indonesia ke India itu tidaklah lama bahkan tidak sampai 24 jam jika menggunakan pesawat.

Barang yang memiliki tingkat penyusutan tinggi juga lebih aman karena segera sampai ke penerima. Ketepatan waktunya juga sangat baik karena tidak seperti jalur laut yang sangat tergantung pada kondisi cuaca dan lautan lepas.

  1. Kekurangan

Lalu, kekurangannya ini terletak pada biayanya. Jika Anda menggunakan kapal terbang maka harganya akan lebih mahal dibandingkan kapal laut. Tak hanya itu saja, penggunaan kapal terbang juga membuat Anda tak bisa mengirim barang terlalu banyak.

Jikalau memang ingin mengirim barang dalam jumlah banyak maka biayanya makin besar karena tak cukup 1 pesawat saja.

Itu dia beberapa metode pengiriman barang ke India yang bisa Anda gunakan dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kendati demikian, jalur darat masih dibutuhkan untuk melakukan pick up dan juga delivery ke alamat penerima. Dengan mempercayakan Kilo.id kini Anda bisa memilih akan melakukan mengirimkan dengan metode apa. Tak hanya itu saja, semua metode pengiriman ini sangat aman dengan real time tracking.