Kekurangan dan Kelebihan Nissan X-Trail Gen 2 atau T31

Mobil Nissan X-Trail adalah mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) kompak yang diproduksi oleh Nissan. Nissan X-Trail pertama kali muncul pada bulan september 2000 di ajang pameran otomotif Paris Motor Show. Di Indonesia X-Trail generasi pertama ini dipasarkan mulai dari tahun 2001 sampai tahun 2007.

Di Indonesia sendiri Nissan X-Trail generasi kedua atau Nissan X-Trail Gen 2, yang diberi kode T31 mulai dipasarkan pada tahun 2008 dan tersedia dalam 3 model yakni tipe 2.0 M/T, 2.5 St CVT, dan 2.5 Xt CVT. Setelah itu pihak Nissan memasarkan X-Trail 2.0 CVT pada tahun 2009 sebagai pelengkap dalam lininya. Mobil ini merupakan SUV menengah yang merupakan rival dari Honda CRV dan Ford Escape.

Terlihat dari luar bahwa Mobil ini tidak begitu banyak perubahan dari pada generasi sebelumnya yakni Nissan X-Trail T31. Pada bagian bodi masih sama yakni mengkotak dengan penggunaan lampu depan dan belakang serupa hanya agak terlihat lebih modern.

Pada sektor kabin terdapat sensasi berkendara yang biasa dan sangat jauh dari kesan mewah. Tetapi namanya mobil pastinya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada desain dashboard sangat sederhana dengan penggunaan tombol konsol dan pengaturan AC yang tertata sangat rapi. Perbedaannya adalah pada speedometer yang berpindah di bagian driver yang sebelumnya berada di tengah.

Nissan X-Trail T31 mengusung dua baris kursi, walaupun sebenarnya dimensinya terbilang besar. Kabin tersebut sangat lapang dengan banyaknya ruang tersisa pada ruang kaki dan kepala pada baris pertama dan kedua sehingga para penumpang bebas bergerak sesuka hati. Penambahan dimensi hanya berpengaruh pada ruang bagasi yang lebih luas.

Pihak Nissan Indonesia menghadirkan Nissan X-Trail T31 dengan 2 pilihan mesin bensin. Mesin pertama memiliki kapasitas 2.0 liter dengan kode QR20DE yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 150 Hp pada 6000rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 200 Nm pada 4000rpm.

Sedangkan untuk pilihan mesin Nissan X-Trail T31 yang kedua memiliki kapasitas 2.5 liter mesin bensin. Dengan menggunakan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 170 Hp pada 6000 rpm dan torsi bahan bakar yang dihasilkan mencapai 244 Nm pada 4000 rpm.

Daftar Kelebihan Nissan X-Trail T31 Gen 2
-Tampilan gagah.
-Nyaman untuk dikendarai.
-Penyaluran tenaga halus.
-Perawatan mudah.
-Ruang kabin dan bagasi lapang.
-Cukup irit.
-Fitur cukup lengkap.

Daftar Kekurangan Nissan X-Trail T31 Gen 2
-Tenaga kurang responsif.
-Posisi duduk driver kurang nyaman
-Rem sensitif.
-Ruang kaki baris kedua agak sempit
-Tidak ada varian mesin diesel

Untuk mendapatkan informasi dan pembahasan lebih lengkap dari mobil Nissan X-Trail Gen 2 ini, bisa mengunjungi https://infomobilbekas.com/nissan-x-trail-generasi-kedua-2008-2013/