Bisnis

Mengapa Pembuatan Visa Lansia di Indonesia Diwajibkan? Yuk, Ketahui Alasannya!

Published on

Siapa sih yang tak kenal dengan Bali? Pulau ini merupakan surga dunia bagi para wistawan. Baik dari Indonesia atau mancanegara sudah mengakui keindahan pesona Pulau Dewata ini. Tak ayal para turis asing banyak menghabiskan masa pensiunnya di Bali. Namun, sebelum berkunjung ke Bali, para lansia ini harus memiliki visa lansia. Sebelum melakukan pengurusan visa lansia, ada beberapa persyaratan yang perlu di lengkapi dan diketaui. Jika Anda bingung, Anda bisa menggunakan bantuan jasa pembuatan visa lansia seperti Perdana Visa. Agency ini akan membantu segala keperluan pembuatan visa turis selama di Indonesia. Lantas mengapa pembuatan visa lansia itu perlu? Untuk mengetahui alasannya, perhatikan ulasan di bawah ini.

Mengapa pembuatan visa lansia di Indonesia diharuskan?

Sebagai turis asing lansia yang hendak menetap di Bali, Anda perlu memiliki visa lansia atau retirement visa bali. Sebagai turis lansia, Anda pasti betanya-tanya mengapa pembuatan visa lansia itu penting di Indonesia? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

  1. Sebagai bentuk legalitas turis mancanegara saat berkeliling di Indonesia.
  2. Untuk menghindari adanya tindakan kriminal yang terjadi di daerah kunjungan. Baik tindak kriminal yang dilakukan oleh turis atau warga asli Indonesia.
  3. Menghindari turis hilang, atau tersesat.
  4. Sebagai bentuk perlindungan turis selama berkunjung dari Indonesia.
  5. Memudahkan negara Indonesia untuk melakukan perhitungan devisa negara dengan memonitor jumlah kunjungan turis sesuai data pembuatan visa badan imigrasi Indonesia.

Cara membuat visa lansia

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa pembuatan visa lansia perlu dilakukan di Indonesia. Selanjutnya Anda, perlu mengetahui cara membuat visa lansia. Berikut cara selengkapnya.

  1. Melengkapi berkas-berkas persyaratan pengjuan visa lansia. Berikut persyaratan yang wajib Anda lengkapi.
  • Melampirkan identitas secara lengkap.
  • Melampirkan 4 lembar pas foto 4x6cm dengan latar belakang merah.
  • Melampirkan paspor yang masih berlaku minimal masa berlaku 18 bulan dari masa kedaluwarsa paspor beserta fotokopiannya.
  • Melampirkan formulir permonohan pengajuan visa dan sudah di bubuhi materai dan tanda tangan pemohon.
  • Melampirkan surat sponsor dari biro perjalanan yang diguakan ketika berkunjung ke Indonesia.
  • Melampirkan surat pernyataan untuk tidak terlibat dalam urusan bisnis atau bekerja di Indonesia untuk memenuhi biaya hidup.
  • Melampirkan surat pernyataan menggunakan bantuan pramuwisma asal Indonesia selama menetap di Indonesia.
  • Melampirkan pernyataan mengenai dana pensiun dari bank atau instansi dana pensiun. Dana yang dimiliki minimal 1.500 dollar Amerika Serikat.
  • Melampirkan asuransi kesehatan, kematian, serta asuransi hukum di bidang perdata kepada pihak ketiga, baik dari Indonesia atau negara asalnya.
  • Melampirkan surat pernyataan tinggal di sarana akomodasi Bali dengan biaya sewa minimal 500 dollar Amerika Serikat.
  • Melampirkan fotokopi surat nikah, beserta surat perjalanan resmi suami yang masih berlaku. Apabila pemohon mengikuti suamianya untuk berkunjung ke Indonesia.

Itulah beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi ketika hendak mengajukan permohonan pembuatan visa lansia. Perlu diketahui, visa lansia hanya berlaku selama 12 bulan saja. Setelah Anda membaca ulasan di atas, apakah Anda akan membuat visa lansia secara mandiri atau menggunakan jasa agensi? Jika Anda hendak menggunakan jasa agensi, pastikan agensi yang Anda pilih memiliki kredibilitas yang jelas. Anda bisa menggunakan jasa agensi ternama di Indonesia seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk membantu Anda.