Tips Menjadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga yang Baik

Seorang wanita yang sudah berumah tangga memiliki tanggung jawab menjadi ibu rumah tangga. Namun Anda juga bisa memiliki karir yang bagus sekaligus memerankan ibu rumah tangga. Bagaimana caranya supaya dapat memerankan keduanya secara bersamaan dan apik? Anda bisa mengikuti tips wanita karir sekaligus ibu rumah tangga yang baik berikut ini.

Melepaskan Rasa Bersalah

Maksudnya adalah segala keputusan pasti mengandung resiko. Jadi dengan memilih menjadi wanita karir juga jangan simpan rasa bersalah karena tidak mendampingi anak tiap waktu. Lepaskan perasan bersalah ini dan fokuslah pada hal yang bisa dilakukan terhadap pekerjaan dan keluarga dengan waktu yang singkat itu.

Serahkan Pengasuhan Anak Kepada yang Terpercaya dan Berkualitas

Agar urusan pekerjaan dan pengasuhan anak berjalan dengan baik, serahkan urusan pengasuhan anak selama Anda tinggal bekerja kepada pihak yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Anda bisa menggunakan jasa baby sitter atau daycare. Pastikan urusan pengasuhan berjalan dengan baik supaya kerja Anda juga fokus.

Efektifkan Waktu Pagi

Meskipun menjadi ibu pekerja juga, jangan sampai Anda melewatkan interaksi dengan anak. Waktu pagi hari bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan keluarga. Siapkan sarapan dan keperluan harian mereka. Usahakan untuk melakukan sarapan bersama, karena dengan saling berhadapan akan terjadi interaksi dan saling bertukar cerita.

Membuat Jadwal Mingguan Bersama Keluarga

Tips wanita karir sekaligus ibu rumah tangga selanjutnya adalah pemanfatan momen hari libur seminggu sekali untuk memaksimalkan interaksi bersama keluarga. Anda bisa merencanakan bepergian atau membuat acara menarik di rumah. Penting jadwal ini harus mampu memaksimalkan interaksi antar keluarga yang kurang karena terhalang pekerjaan dan kegiatan sekolah.

Menjaga Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Bekerja dan sudah berkeluarga tentunya berbeda saat masih sendiri. Apalagi jika sudah memiliki anak dan butuh perhatian. Sehingga dibutuhkan komunikasi yang baik dan saling pengertian antar rekan kerja. Terlebih jika harus cuti dadakan atau izin pulang cepat. Untuk itu, manfaatkan waktu seefektif mungkin dengan tidak menunda pekerjaan dan lakukan yang terbaik dalam bekerja.

Tetap Terhubung Dengan Keluarga

Meskipun Anda sudah menyerahkan pengurusan anak kepada pihak terpercaya selama bekerja, jangan sampai putus hubungan dengan anak dan suami. Anda bisa menanyakan kabar anak maupun suami pada jam istirahat. Bentuk perhatian seperti ini yang justru dibutuhkan supaya pihak keluarga tidak merasa diabaikan.

Bagi Tugas Antar Anggota Keluarga

Supaya waktu yang tidak banyak itu bermanfaat digunakan bersama keluarga, biasakan untuk bagi tugas antar anggota keluarga. Selain pekerjaan rumah cepat selesai, Anda juga memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga.

Itulah beberapa tips wanita karir sekaligus ibu rumah tangga yang bisa Anda ikuti. Sejatinya, setiap wanita itu hebat. Ia bisa memerankan banyak hal sekaligus. Untuk itu, dukunglah ibu rumah tangga yang juga menjadi wanita karir, karena peran mereka sangat berat.